Selasa, 02 Oktober 2018

Beberapa Penyebab Tubuh Cepat Gemuk

tubuh gemuk

Memiliki tubuh gemuk merupakan kekhawatiran besar yang sering dirasakan oleh banyak wanita. Berat badan yang berlebih selain dari mengganggu aktifitas sehari-hari juga dapat mendatangkan penyakit yang mengintai tubuh anda. Tidak banyak yang menyadari bahwa faktor penyebab kegemukan ialah kebiasaan kita sehari-hari. Supaya Anda bisa lebih waspada, perlu Anda ketahui beberapa penyebab tubuh cepat gemuk di bawah ini.

1. Ketidak Seimbangan Kalori
Selain dari makanan, kalori dari minuman lebih berbahaya karena mengandung fruktosa atau gula buah karena tubuh mudah mengubahnya dengan lemak. Akumulasi kalori yang tidak terbakar ini menjadi lemak, sehingga Anda mudah menjadi ngemuk meskipun mengindari berbagai makanan yang mengandung banyak kalori.

2. Kurang Menggunakan Kalori
Jika kurang aktifitas fisik akan berpengaruh pada kondisi tubuh seseorang. Aktifitas fisik diperlukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Jika pemasukan kalori dalam tubuh berlebihan dan tidak diimbangi dengan melakukan aktifitas fisik maka akan menyebabkan badan cepat gemuk.

3. Faktor Keturunan ( Genetik )
Jika kegemukan disebabkan oleh faktor keturunan maka akan susah untuk mempunyai badan yanng langsing. Karena jika gemuk saat bayi atau anak-anak kemungkinan akan sulit untuk kurus, ini disebabkan pada anak-anak sudah membentuk sel yang jumlahnya lebih dari normal.

4. Faktor Hormonal
Pada perempuan yang mengalami masa menopause akan terjadi penurunan fungsi hormon thyroid, yang berakibat menurunnya metabolisme tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

5. Stres
Sebagian orang ada yang meluapkan rasa stres pada makanan, dari sini lah penyebab kegemukan terjadi. Karena ketika seseorang stres dan meluapkannya pada makanan identik mereka tidak dapat mengontrol asupan makanan yang mereka konsumsi dan bahkan jika ada 10 jenis makanan pun pasti dimakan karena mereka makan dalam keadaan emosional.

6. Kebiasaan Ngemil
Ngemil merupakan suatu kebiasaan yang banyak orang lain lakukan. Dengan ngemil yang secara terus menerus dapat menyebabkan kegemukan. Cemilan tidak mengandung manfaat penting buat tubuh, sebaliknya mengandung banyak lemak yang dapat mempercepat kegemukan.

7. Tidak Mengkonsumsi Air Secara Cukup
minum air putih

Mengkonsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara teratur juga dapat memperlancar pencernaaan, maka orang yang suka lupa minum air putih akan mempunyai masalah pada pencernaan yang akibatnya akan berimbas pada meningkatnya berat badan. Karena dengan aktifitas pencernaan yang lancar tidak akan menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh.

8. Tidak Melakukan Olahraga
olahraga lari

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai tubuh yang gemuk dan ingin mempunyai tubuh yang langsing, olahraga adalah solusi terbaik untuk dilakukan. Jika Anda tidak melakukan olahraga sekalipun serta pekerjaan anda setiap hari kurang aktifitas fisik maka akan menyebabkan timbunan lemak pada tubuh yang diakibatkan dari asupan kalori yang Anda konsumsi tidak terjadi pembakaran yang menyebabkan berat badan semakin naik.

Mulai dari sekarang ubahlah kebiasaan buruk yang kalian sering lakukan, demi mendapatkan tubuh yang langsing dan tetap sehat. Semoga bermanfaat.

4 komentar: